EQUILIBRIUM : JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EJBA)
Vol. 12 No. 1 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)

Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Kofisyop di Kota Yogyakarta

Titus Hervi Arianto (Universitas Kristen Immanuel)
Hadi Purnomo (Universitas Kristen Immanuel)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini adalah "ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN TERHADAP PRODUK PEMBELIAN DI KOFISYOP YOGYAKARTA". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pemasaran berdasarkan pengalaman yang terdiri dari: sense, feel, think, act, dan relate secara parsial dan simultan dengan variabel keputusan pembelian. Proses pengumpulan data dibagi menjadi data primer melalui kuesioner dan data sekunder melalui studi literatur. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode purposive sampling pada 100 responden yang membeli produk Kofisyop. Alat analisis yang digunakan adalah analisis persentase, regresi linier sederhana, uji-t, regresi linier berganda, uji F, dan koefisien determinasi R2. Hasilmenunjukkan bahwa persentase tertinggi konsumen yang membeli produk Kofisyop adalah pria berusia 18-25 tahun, pendidikan sekolah menengah atas, jenis pekerjaan siswa dengan tingkat pendapatan Rp. 1.000.000,00 - Rp. 2.000.000,00, status belum menikah dan frekuensi kunjungan lebih dari lima kali setahun. Hasil analisis regresi sederhana dan uji-t menunjukkan bahwa variabelvariabel tersebut meliputi experiential marketing, sense, feel, think, act, dan relate secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk di Kofisyop. Hasil analisis regresi berganda dan uji F menunjukkan bahwa variabel experiential marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji melalui R2 dapat dilihat bahwa variabel experiential marketing memiliki nilai pengaruh 38% terhadap keputusan pembelian, sedangkan 62% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA) provides valuable insights into various aspects of Financial Management, Marketing, and Accounting. It encompasses a diverse array of intriguing subjects including Earnings Management, Firm Value, Stock Price, Service Quality, and the Internal Control ...