EQUILIBRIUM : JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EJBA)
Vol. 17 No. 1 (2023): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Menggunakan Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada UMKM Kuliner di Kecamatan Depok)

Suharni (Universitas Respati Yogyakarta)
Poly Endrayanto Eko Christmawan (Universitas Respati Yogyakarta)
Andre Kussuma Adiputra (Universitas Respati Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan pemilik, skala usaha, umur perusahaan, omzet usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi UMKM kuliner di Kecamatan Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data primer yang berasal dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik UMKM kuliner di Kecamatan Depok yang terdaftar di Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Sleman yaitu sebanyak 2.065 UMKM. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin 10% yang berjumlah 95 pemilik UMKM kuliner di Kecamatan Depok, yang terdaftar di Dinas Koperasi, UMKM di Kabupaten Sleman. Pengaruh masing-masing variabel diuji dengan menggunakan regresi linier berganda pada program SPSS 23. Hasil yang diperoleh adalah secara parsial pendidikan pemilik, umur perusahaan, omzet usaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi UMKM kuliner di Kecamatan Depok dan skala usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Hal yang sama secara simultan terjadi pada pendidikan pemilik, skala usaha, umur perusahaan, omzet usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi UMKM kuliner di Kecamatan Depok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA) provides valuable insights into various aspects of Financial Management, Marketing, and Accounting. It encompasses a diverse array of intriguing subjects including Earnings Management, Firm Value, Stock Price, Service Quality, and the Internal Control ...