NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam

Kurikulum Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Berbasis KKNI dalam Keterserapan Lulusan pada Dunia Kerja

Ulil Azmi (STAI Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) menjadi acuan dalam penyusunan pencapaian pembelajaran dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan dan menganalisis kurikulum Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berbasis KKNI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Pengambilan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan teknik induktif, sehingga dari proses penelitian yang dilakukan didapatkan makna tentang gambaran pengembangan kurikulum Program Studi MPI berbasis KKNI. Dari penelitian ditemukan bahwa Program Studi MPI memiliki orientasi visi, misi, sasaran, dan tujuan yang diharapkan tidak hanya mampu memberikan output yang sesuai dengan standar akademik yang ditentukan, tetapi juga mampu memenuhi kualifikasi pasar kerja yang menggunakan output itu, baik di kalangan internal maupun eksternal. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa lulusan Prodi Studi MPI diproyeksikan menjadi sarjana profesional di bidang Manajemen Pendidikan Islam dengan memiliki kemampuan untuk mengamati, menelaah, menganalisis dan memecahkan permasalahan-permasalahan dalam pendidikan Islam.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nizamulilmi

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) is a scientific publication has the focus of Islamic Education Management including management innovations in Islamic Education; thoughts in Islamic Education Management; Leadership, planning, supervision, evaluation of education in schools, ...