NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 7 No 1 (2022): Mutu Pendidikan

Strategi Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan

Isma Nuranisah (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Muhammad Arya Septian Setiadi (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Muktaf Aji Tajul’arifin (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Nisa Aqilah (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Suci Sukmawati (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Liah Siti Syarifah (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sangat penting dilakukan dan diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi revitalisasi dari salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Sukabumi, Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Cibadak dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan model interaktif, untuk memperdalam hasil analisis digunakan tool analysis berupa analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) dan IFAS (Internal Factor Analysis Strategy) serta EFAS (External Factor Analysis Strategy). Berdasarkan hasil penelitian, skor IFAS adalah 2.25 dan Skor EFAS adalah 0.79, sehingga posisi kuadran yang tepat dalam matriks SWOT untuk SMKN 1 Cibadak terletak pada kuadran 1 ((Strenght Opportunity). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi SMKN 1 Cibadak untuk melakukan revitalisasi yaitu strategi SO (Strenght Opportunity) yang berarti sekolah sejatinya melakukan strategi progresif dengan memanfaatkan kekuatan untuk menangkap peluang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nizamulilmi

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) is a scientific publication has the focus of Islamic Education Management including management innovations in Islamic Education; thoughts in Islamic Education Management; Leadership, planning, supervision, evaluation of education in schools, ...