NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 8 No 1 (2023): Masalah Pendidikan dan Upaya untuk Mengatasinya

Gerakan Literasi Sekolah untuk Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik?

Putri Issyam Tsani (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Ahmad Muhajirin (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Eli Susilawati (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Ferdiansyah Gunawan (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Liah Siti Syarifah (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Program Gerakan litersasi sekolah menjadi upaya yang dilakukan secara menyeluh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program-program Gerakan Literasi Sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMPTQ Al-Matin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui observasi dan wawancara dan data sekunder melaui studi dokumen. Adapun proses analisis data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data yang dalam hal ini digunakan analisis dengan model interaktif. Berdasarkan penelitian SMPTQ Al-Matin telah melaksanakan program gerakan literasi sekolah melalui beberapa kegiatan di antaranya pojok literasi, jurnal membaca, pekan kreasi, karya inovatif dan karya tulis ilmiah. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik sudah cukup baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nizamulilmi

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) is a scientific publication has the focus of Islamic Education Management including management innovations in Islamic Education; thoughts in Islamic Education Management; Leadership, planning, supervision, evaluation of education in schools, ...