INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 7 No 3 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

MENINGKATKAN MINAT PEMBELI MENGGUNAKAN STRATEGI AFILIASI PADA PEMASARAN DIGITAL

Mohamad Afrizal Miradji (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Aisyah Amalia (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Mohammad Hisya (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Endah Wulandari (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Usmawanti Usmawanti (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Pemasaran digital saat ini telah berkembang secara signifikan, disamping itu terdapat juga teknologi yang berperan penting dalam pemasaran sebuah produk. Perkembangan ini yang kemudian menjadikan banyak persaingan antara satu dengan yang lainnya. Pada tahun 1989 seseorang yang memiliki bisnis toko bunga online bernama PC Flowers and Gift’s yaitu Willian J. Tobin menciptakan strategi affiliate marketing melalui website-nya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi afiliasi pada pemasaran digital untuk meningkatkan minat pembeli terhadap produk yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menyelesaikan persoalan dengan menelusuri sumber tulisan yang telah ada sebelumnya. Hasil penelitian ini yang pertama menunjukkan bahwa minat pembeli dapat dipengaruhi dengan adanya strategi afiliasi. Kedua, terciptanya hubungan yang positif antara penyedia program afiliasi dengan afiliator. Dari hasil penelitian ini, perusahaan memiliki strategi yang cukup baik dengan menggunakan afiliasi program dengan tujuan perusahaan ini adalah menjangkau eksposur, traffic, dan brand awarness, namun apabila perusaan ingin menjangkau end user maka perusahaan perlu memperhatikan faktor - faktor lain yang dapat mempengaruhi variabel keputusan pembelian.Kata Kunci : Strategi Afiliasi, Pemasaran Digital, Minat Beli

Copyrights © 2024