Jurnal Kajian Pendidikan IPA
Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Kajian Pendidikan IPA

Pembelajaran IPA Berorientasi Pada Framework Strategic Vision and Direction for Science (SVDS) PISA 2024

Abdul Latip (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2024

Abstract

Penelitin ini bertujuan mengkaji secara literatur megnenai pembelajaran IPA berorientasi pada Framework Strategic Vision and Direction for Science (SVDS). Kajian literatur yang dilakukan menggunakan Narrative Literatur Review (NLR) dengan 4 tahapan utama, yaitu menentukan topik kajian, mencari dan menyeleksi literatur, menganalisis dan mengkritisi literatur, dan menentukan struktur logis untuk narasi dari kajian literaturnya. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa 1) pada SVDS terdapat penambahan domain literasi saintifik, yaitu scientific identity yang menggantikan scientific attitude. 2) Domain scientific knowledge terdiri atas pengetahuan yang mendukung untuk pemecahan masalah kompleks berkaitan dengan isu-isu di sekitar, pengetahuan dalam memberikan apresiasi dalam perkembangan ilmu, serta pengetahuan tentang data, struktur dan perilaku sistem pemorsesan informasi. 3) Pada domain scientific competencies terjadi penambahan dua kompetensi dan mengeliminasi satu kompetensi, yaitu kompetensi menggunakan pengetahuan sains dalam memutuskan tindakan, keterampilan berpikir probabilistik, keterampilan mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, dan keterampilan menginterpretasi data dan bukti ilmiah. 4) Pada domaian tambahan, yaitu scientific identitiy terdiri atas Science Capital, Critical science agency, Inclusive science experiences and practices, Ethics and values. Pembelajaran IPA yang dapat dirancang antara lain pembelajaran IPA berpendekatan socio-scientific issues (SSI), pembelajaran IPA dengan tema-tema sustainable development goals, pembelajaran IPA dengan pendekatan Historical Inquiry Cases (HIC), pembelajaran IPA berbantuan Machine learning and artificial intelligence, dan pembelajaran IPA dengan Inquiry Based Learning (IBL)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Pendidikan IPA (JKPI) dengan nomor P-ISSN: 2798-7043 dan E-ISSN: 2798-7043 merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, FPIK, Universitas Garut. Jurnal ini bertujuan mempublikasikan artikel hasil penelitian atau pemikiran pada bidang Pendidikan IPA, Pendidikan ...