Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik untuk mengurangi perilaku Off Task siswa. Jenis penelitian ini adalalah penelitian eksperimen dengan rancangan One-Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo berjumlah 9 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest 110.00 dengan standar deviasi 4.583 dan nilai rata-rata posttest 101.78 dengan standar deviasi 3.962. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitng > ttabel, yaitu 11.093> 1,86 dalam arti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik untuk mengurangi perilaku off task siswa, penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik berpengaruh secara signifikan untuk mengurangi perilaku off task siswa, dalam arti layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik efektif dalam mengurangi perilaku off task siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo, dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik efektif dalam mengurangi perilaku off task siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo.
Copyrights © 2023