Jurnal Global Futuristik
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner

Evaluasi Mutu Pendidikan Menggunakan Pendekatan Teori Stufflebeam

Isyfi Agni Nukhbatillah (STIT NU AL-FARABI PANGANDARAN)
Santi Setiawati (STIT NU Al-Farabi Pangandaran)
Uswatun Hasanah (STIT NU Al-Farabi Pangandaran)
Neneng Nurmalasari (STIT NU Al-Farabi Pangandaran)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Pendidikan merupakan pondasi utama pembangunan manusia dan masyarakat, sehingga evaluasi mutu pendidikan menjadi esensial untuk memastikan efektivitas dan kualitasnya. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi Pendekatan CIPP (Context, Input, Process, Product) dari teori Stufflebeam sebagai kerangka evaluasi mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan mencakup libraray research dengan melihat, membaca dan mengumpulkan data pertama dari sumber-sumber buku dan jurnal yang berkaitan dengan evaluasi mutu pendidikan. Ditemukan bahwa evaluasi mutu pendidikan dengan pendekatan teori Stufflebeam masih langka di gunakan danĀ  terdiri dari 4 langkah, yaitu: 1.Evaluasi Input, 2. Evaluasi Konteks, 3. Evaluasi Model Proses, 4.Evaluasi Produk. Untuk mencapai tujuan yang ideal diperlukan konsistensi dan penerapan secara komprehensif dalam seluruh lini program pendidikan di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

globalistik

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope and focus of study from Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner include studies of law, economics, business, management, education, humanities, history and culture, philosophy, research methodology, and the study of society and religion ...