Tulisan ini mengkaji tentang ruang lingkup pemurnian dan pembaharuan dalam pendidikan agama islam di Indonesia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan studi pustaka atau library research. Penulis berusaha mengumpulkan referensi baik dari buku, karya ilmiah, jurnal dan literatur lainnya yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptiff yang bertitik pada pembelajaran umum tentang pemurnian dan pembaharuan pendidikan agama islam di Indonesia, kemudian mengambil kesimpulan bersifat khusus setelah mengkaji sejarah sudut pandang KH. Ahmad Dahlan tentang pemurnian dan pembaharuan dalam pendidikan islam di Indonesia. Hasil penelitian, menunjukan bahwa gerakan pemurnian Islam mencakup sendi akidah, fikih dan akhlak secara integral, komprehensif dan holistik. Guna menghidupkan kembali ilmu dan amal yang telah diterangkan dari Al-Qur’an dan Hadits oleh K.H. Ahmad Dahlan mengusahakan pembaharuan terutama dalam pemurnian agama Islam dan sistem pendidikan menekankan bahwa pendidikan Islam merupakan suatu wadah untuk menuju kepada kesempurnaan budi, yaitu mengerti baik - buruk, benar atau salah, kebahagiaan atau penderitaan, yang mana pemurnian dan pembaruan Islam menciptakan suatu sintesis pemikiran yang kompleks.
Copyrights © 2023