Al-fiqh
Vol. 2 No. 1 (2024): AL-FIQH: Journal of Islamic Studies

Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural di SMK Hikmah Yapis Jayapura

Mochammad Farid Ridwan (Program Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua)
Muh. Syukri Nawir (Program Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua)
Miftahul Huda (Program Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran PAI multikultural di SMK Hikmah Yapis Jayapura. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan penelitian ini, disimpulkan bahwa prosedur pembelajaran yang diterapkan berhasil dan cukup efektif. Kegiatan pembelajaran di kelas untuk mengimplementasikan PAI berwawasan multicultural antara lain: doa pagi bersama; memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk menerima pelajaran agama sesuai dengan keyakinan masing-masing; bersikap inklusif dan tidak membeda-bedakan siswa; memberi teladan; dan menjaga rasa hormat dan penghargaan. Dampak pendidikan agama Islam (PAI) yang berorientasi multikultural terasa amat positif bagi pembinaan toleransi beragama di SMK Hikmah Yapis Jayapura.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-fiqh

Publisher

Subject

Religion

Description

This journal is a scientific journal that focuses on publications in the fields of Islamic studies such as Islamic law, sharia economics, Islamic education, sharia accounting, Islamic astronomy, Islamic history and culture, dakwah science, the science of interpretation and hadith, Islamic ...