Jurnal Pelita Nusantara
Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara

Mengukur Kemampuan Kognitif Tingkat Tinggi dengan Pertanyaan Pilihan Ganda

Afifah Az Zahra (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Alya Khonsa At-Taqiyyah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui cara mengukur keterampilan kognitif dengan pertanyaan pilihan ganda tingkat tinggi potensi dan kendala, yang dimana keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan suatu keterampilan yang tidak hanya dengan membutuhkan kemampuan dalam mengingat, akan tetapi memerlukan kemampuan yang tingkatannya lebih tinggi lagi. penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan subjek penelitian kajian kepustakaan. maka Pertanyaan pilihan ganda tingkat tinggi melibatkan identifikasi hubungan antara metode, teknik, konsep, prinsip, teori, dll., menerapkan informasi pada situasi baru, membuat kesimpulan, dan membedakan informasi yang relevan dari informasi yang tidak relevan. Pertanyaan pilihan ganda sendiri memiliki beberapa potensi dan kendala diantara potensi tersebut ialah Mengukur Pemahaman Mendalam, Mendorong pemikiran Kritis, Mengembangkan Keterampilan Analitis, Mendorong Pemecahan Masalah, Menggali Multiple Intelligences, Persiapan untuk Pengujian Standardisasi. maka penerapan pertanyaan pilihan ganda tidak semata sebagai instrumen penilaian, tetapi juga sebagai instrumen pengajaran yang dapat merangsang pengembangan keterampilan kognitif tingkat tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupenus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The scope of articles published by Jurnal Pelita Nusantara includes studies in the fields of law, Anthropology, Sociology, Communication Studies, Economics, Education, Geography, History, Political Science, Social Psychology, and other social ...