JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI
Vol 12 No 1 (2024): Maret

Analisis Hubungan Antara Harga Dan Volume Penjualan Lip Cream Hanasui Mattedorable Di Marketplace Online Shopee

Ni Luh Putu Lilis Sinta Setiawati (Unknown)
Pande Putu Narisya Ardhaneswari (Unknown)
Ni Wayan Amanda Febry Lestari (Unknown)
I Putu Raditya Arsadera (Unknown)
Rueben Nathaniel Simanjuntak (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Price is variable that plays a significant role in marketing because it can influence consumers buying decisions for a product or service. Pricing strategy often plays a key role in selling products on online platforms like Shopee. This study aims to determine the effect of price on the sales volume of Lip Cream Hanasui Mattedorable products on the online marketplace Shopee. The sample used in this study consisted of 40 cosmetic stores in the Jabodetabek area. Spearman correlation test was used to measure the strength of the relationship between the price variable of the product and the sales quantity expressed by the correlation coefficient (r). The results of the Spearman correlation test showed a significance value of 0.003, which means H0 is rejected with a correlation coefficient value of -0.454. This indicates that the price and sales volume has a negative correlation with moderate strength. The findings of this research indicate that as the price of Lip Cream Hanasui Mattedorable products decreases, there is a corresponding increase in the sales volume. Moderate correlation indicates that many other factors play a role in determining the sales quantity of Lip Cream Hanasui Mattedorable on the Shopee platform. Keywords : product price, sales volume, lip cream, Shopee Harga adalah variabel penting dalam pemasaran karena dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian suatu produk atau jasa. Penetapan harga sering menjadi strategi utama dalam penjualan produk di marketplace online seperti Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh harga terhadap jumlah penjualan produk Lip Cream Hanasui Mattedorable di marketplace online Shopee. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 toko kosmetik yang ada di daerah Jabodetabek. Dalam penelitian ini, digunakan uji korelasi Spearman untuk mengukur kekuatan hubungan antara variabel harga produk dan jumlah penjualan yang dinyatakan dengan koefisien korelasi. Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan nilai signifikansi 0,003 yang artinya H0 ditolak dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,454. Artinya variabel harga memiliki hubungan yang berlawanan arah dengan kekuatan hubungan antara harga dan jumlah penjualan tergolong sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata harga produk Lip Cream Hanasui Mattedorable di toko kosmetik daerah Jabodetabek yang semakin murah dapat meningkatkan jumlah penjualan produk, walaupun dengan korelasi sedang. Korelasi sedang mengindikasikan bahwa terdapat banyak faktor lain yang berperan dalam penentuan jumlah penjualan Lip Cream Hanasui Mattedorable di platform Shopee. Kata kunci : harga produk, jumlah penjualan, lip cream, Shopee

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtip

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI adalah media publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian-Universitas Udayana, berisikan artikel hasil-hasil penelitian, ulasan (review), opini ilmiah oleh mahasiswa, dosen, praktisi, dan ...