JEB17 : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 1 No 01 (2016)

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI KOTA BANGKALAN MADURA

Habibah, Ummu (Unknown)
miati, Su (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2016

Abstract

Beragam faktor dapat mempengaruhi konsumen dalam memutuskan dalam membelisuatu produk atau jasa, keputusan pembelian merupakn tindakan yang dilakukan konsumenuntuk membeli suatu produk atau jasa. Setiap produsen pasti menjalankan berbagai strategi agarkonsumen memutuskan untuk membeli produknya. Oleh karena itiu, pengambilan keputusanpembelian merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternatif penyelesaianmasalah dengan tindak lanjut yang nyata. Setelah itu konsumen dapat melakukan evaluasipilihan dan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya. Penelitian inibertujuan untuk mengkaji, menganalisa, dan menjelaskan pengaruh kualitas produk dan hargaterhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial, serta mengetahui variabel independen(kualitas produk dan harga) manakah yang memiliki pengaruh yang dominan terhadap variabeldependen (keputusan pembelian). Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian yangbersifat deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian iniadalah konsumen produk kosmetik wardah di kota Bangkalan Madura. Sampel penelitian iniberjumlah 100 orang terdiri dari konsumen yang telah menggunakan produk Wardah di kotaBangkalan Madura. Yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pengujian instrument menggunakan uji validitas,reliabilitas. Sedangkjan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji Fdan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel independen (kualitas produk danharga) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian).Seperti hasil dari perhitungan uji F bahwa nilia signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolakdan Ha diterima. Sedangkan koefisien determinasi (RSquare) sebesar 0,732 atau 73,2%, makapengaruh variabel X secara serentak terhadap variabel Y sebesar 73,2%. Sedangkan uji tdiketahui variabel Kualitas Produk (X1) bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan variabelHarga (X2) 0,005 < 0,05 maka dikatakan kedua variabel berpengaruh signifikan terhadapvariabel Keputusan Pembelian (Y). berdasarkan analisis regresi maka model (persamaan regresi)untuk observasi ini adalah Y = 1,466 + 0,629(X1) + 0,321(X2).Kata Kunci: kualitas produk, harga, keputusan pembelian

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JEB17

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JEB17 : Jurnal Ekonomi dan Bisnis is a journal for academics and practitioners, and is a double-blind, peer-reviewed academic journal that publishes conceptual articles and measures high-quality developments in the fields of economics, business and related ...