Jurnal Sitakara
Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Sitakara

Tari Paya Sebagai Sumber Pembelajaran Seni Tari

Irma Silviani (Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Muhamad Idris (Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Nurdin Nurdin (Guru Seni Budaya, Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan sumber ajar pada materi seni tari dikelas X SMK Negeri 1 Lempuing. Masalah penelitian difokuskan pada nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam tari paya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran seni tari dikelas X SMK Negeri 1 Lempuing. Guna mendekati masalah penelitian ini dipergunakan acuan teori dari Wina Sanjaya dalam buku strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian tersebut dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis secara deskriptif dari hasil data yang telah didapatkan. Kajian ini menyimpulkan bahwa Tari Paya Sebagai Sumber Pembelajaran Seni Tari Dikelas X SMK Negeri 1 Lempuing memuat beberapa unsur yaitu kesejarahan tari, bentuk penyajian tari, fungsi tari, makna tari serta rencana pembelajaran tari. Kata Kunci: Tari Paya, Sumber Pembelajaran Seni Tari

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sitakara

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Sitakara Journal provides a forum to publish original research-based articles related to art education dan culture. Those scientific articles are the ones which discusses culture art and philosophy of art, curriculum, methodology, teaching and learning media, learning approaches, comparison, ...