Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 9 No. 1 (2023): Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi

Pengaruh Digital Marketing Terhadap Omset Penjualan Pada Pelaku Usaha Kue di Kota Banda Aceh: The Influence Of Digital Marketing On Sales Turnover Of Cake Businesses In Banda Aceh City

Irma Anggraini (Universitas Syiah Kuala)
Syahnaz Wili Aprilia (Universitas Syiah Kuala)
A. Razak (Universitas Syiah Kuala)
Amrusi Amrusi (Universitas Syiah Kuala)
Achmad Mustofa (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap omset penjualan pada pelaku usaha kue di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha kue di Kota Banda Aceh sebesar 805 pelaku usaha. Dengan menggunakan rumus Slovin, sampel diperoleh 89 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penyebaran angket. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh hasil penelitian bahwa variabel digital marketing berpengaruh positif terhadap omset penjualan. Selanjutnya, uji koefisien determinasi dengan hasil uji yaitu variabel digital marketing mempengaruhi omset penjualan sebesar 80,7%, sementara persentase selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian. Nilai signifikansi untuk pengaruh digital marketing terhadap omset penjualan adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t-hitung 19,07 > t-tabel 1,98, jadi variabel digital marketing (X) berpengaruh secara signifikan terhadap omset penjualan (Y).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The publication of Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi indeed participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains eight articles ...