JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU FISIKA
Vol 2, No 2 (2022): December 2022

Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika

Intan Simah Bengi (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)
Arianti Pandiangan (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)
Latifah Hanum Br Pandia (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)
Safriana Safriana (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tutor sebaya adalah siswa mengajar siswa lain atau yang berperan sebagai pengganti guru. Metode penelitian yang dilakukan merupakan desain penelitian literature review. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran terutama dalam belajar fisika. Proses pembelajaran selama yang sudah kita ketahui berlangsung untuk pelajaran fisika terjadi secara konvensional, hal ini mengakibatkan tidak tercapainya pembelajaran yang sudah diharapkan. Penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar siswa. Persentase jumlah peserta didik yang tuntas (telah memenuhi KKM) dari tahun 2017 hingga tahun 2021 mengalami peningkatan dari 70,56% menjadi 81,16%. Dengan demikian dari tahun 2017 sampai tahun 2021 persentase jumlah peserta didik yang telah tuntas (memenuhi KKM) mengalami kenaikan sebesar 10,6%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpif

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) is a peer-reviewed journal that is intended as a medium for disseminating ideas and research results in the fields of physics education and physics. The scope of this journal includes physics education, theory and application of physics. This journal is ...