J-CEKI
Vol. 3 No. 4: Juni 2024

Pengkajian Tari Nusantara untuk Meningkatkan Wawasan Multikulturalisme pada Siswa SMA Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan

St. Junaeda (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang pembentukan wawasan multikulturalisme melalui pengkajian tari nusantara. Praktik tersebut sangat tepat ketika diimplementasikan pada generasi muda di tingkat SMA melalui pendidikan ekstrakurikuler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan data kualitatif. Penelitian dekriptif bertujuan menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu atau untuk menentukan frekuensi adanya hubungan tertentu antara suatu gejala dan gejala lain dalam masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa membaca fenomena budaya melalui pengkajian tari nusantara merupakan salah satu cara untuk mendorong masyarakat, khususnya generasi muda agar tidak sekedar mengetahui, akan tetapi belajar untuk mencintai, mengerti, serta memahami kebudayaan Indonesia yang plural, sebagai wujud dari masyarakat multikultural.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...