J-CEKI
Vol. 3 No. 4: Juni 2024

Pengaruh Penerapan Produk, Harga dan Promosi Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM di Bazar Pamedan

Afriyadi Afriyadi (Unknown)
Gusman Gusman (Unknown)
Arianto Saputra Daeli (Unknown)
Hendi Gunawan (Unknown)
Irfan Nafis Rianto (Unknown)
Jeksen Jeksen (Unknown)
Michael Fernando (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Besar pengaruh produk, harga dan promosi terhadap pendapatan merupakan tujuan peneliti dalam melakukan penelitian ini. Objek dari penelitian ini adalah pelaku UMKM yang berada kawasan lapangan Pamedan Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran. Sample dalam penelitian ini yaitu 30 pengusaha UMKM. Simple random sampling merupakam teknik sampling yang digunakan peneliti. Data primer dan sekunder digunakan dalam penelitian ini, selain itu penelitian dilakukan dengan menerapkan metode skala likert pada kuesioner terbuka, wawancara dan observasi. Metode analisis regresi berganda merupakan analisis yang peneliti gunakan dalam penelitian ini. SPSS V23 merupakan alat yang digunakan peneliti untuk mengolah data yang didapatkan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Adjusted R-Square sebesar 0.514 yang dimana berarti sebesar 51,4% variabel pendapatan dipengaruhi oleh variabel produk, harga dan promosi. Sedangkan faktor lain diluar pembahasan dalam penelitian memengaruhi pendapatan sebesar 48,6%. Pembuktian melalui Uji F bahwa produk, harga dan promosi secara simultan signifikan memengaruhi pendapatan. Dalam Uji t memperlihatkan bahwa variabel produk, harga dan promosi berpengaruh positif terhadap pendapatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...