Besar pengaruh produk, harga dan promosi terhadap pendapatan merupakan tujuan peneliti dalam melakukan penelitian ini. Objek dari penelitian ini adalah pelaku UMKM yang berada kawasan lapangan Pamedan Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran. Sample dalam penelitian ini yaitu 30 pengusaha UMKM. Simple random sampling merupakam teknik sampling yang digunakan peneliti. Data primer dan sekunder digunakan dalam penelitian ini, selain itu penelitian dilakukan dengan menerapkan metode skala likert pada kuesioner terbuka, wawancara dan observasi. Metode analisis regresi berganda merupakan analisis yang peneliti gunakan dalam penelitian ini. SPSS V23 merupakan alat yang digunakan peneliti untuk mengolah data yang didapatkan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Adjusted R-Square sebesar 0.514 yang dimana berarti sebesar 51,4% variabel pendapatan dipengaruhi oleh variabel produk, harga dan promosi. Sedangkan faktor lain diluar pembahasan dalam penelitian memengaruhi pendapatan sebesar 48,6%. Pembuktian melalui Uji F bahwa produk, harga dan promosi secara simultan signifikan memengaruhi pendapatan. Dalam Uji t memperlihatkan bahwa variabel produk, harga dan promosi berpengaruh positif terhadap pendapatan.
Copyrights © 2024