Fase peralihan dari pembelajaran online ke pembelajaran normal di sekolah setelah masa pandemi covid 19 membuat kemandirian belajar siswa menurun. Banyak faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa, beberapa diantaranya ialah motivasi belajar, pola asuh orang tua, dan fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar, pola asuh orang tua, dan fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey dan sampel penelitian menggunakan metode simple random sampling sebanyak 140 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi berganda, uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar, pola asuh orang tua, dan fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar.
Copyrights © 2024