J-CEKI
Vol. 3 No. 4: Juni 2024

Pengaruh Motivasi Belajar, Pola Asuh Orang Tua, dan Fasilitas Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Akuntansi di SMKN 46 Jakarta

Novia Andhini (Universitas Negeri Jakarta)
I Gusti Ketut Agung Ulupui (Universitas Negeri Jakarta)
Mardi Mardi (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Fase peralihan dari pembelajaran online ke pembelajaran normal di sekolah setelah masa pandemi covid 19 membuat kemandirian belajar siswa menurun. Banyak faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa, beberapa diantaranya ialah motivasi belajar, pola asuh orang tua, dan fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar, pola asuh orang tua, dan fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey dan sampel penelitian menggunakan metode simple random sampling sebanyak 140 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi berganda, uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar, pola asuh orang tua, dan fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...