Indonesian Community Journal
Vol 4 No 2 (2024): I-Com: Indonesian Community Journal (Juni 2024)

Pengembangan Branding Lokal Berkelanjutan: Mempromosikan Produk Unggulan dan Pariwisata Daerah melalui Pemasaran Berbasis Komunitas

Muhammad Harahap (Universitas Simalangun, Pematang Siantar, Indonesia)
Ana Bilgies (Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Lamongan, Indonesia)
Sisti Nurjanah (Institut Agama Islam Syekh Maulana Qori Bangko, Merangin, Indonesia)
Syamsuri (Universitas Tanjungpura Pontianak, Pontianak, Indonesia)
Gatot Wijayanto (Universitas Riau, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

Artikel ini menjelaskan strategi pengembangan branding lokal melalui pemasaran berbasis komunitas untuk memajukan sektor pariwisata dan mempromosikan produk unggulan di tingkat daerah. Dengan studi literatur dan analisis data, artikel ini menyoroti kompleksitas dan relevansi branding lokal dalam meningkatkan citra produk dan destinasi pariwisata daerah. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang melibatkan komunitas efektif dalam mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam promosi produk lokal dan daya tarik wisata setempat. Melalui keterlibatan langsung dengan komunitas, brand lokal dapat meningkatkan kesadaran, penghargaan, dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk penduduk lokal dan wisatawan. Kolaborasi antara industri, pemerintah daerah, dan masyarakat kunci dalam menerapkan strategi branding yang berkelanjutan, yang pada akhirnya berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi lokal dan pembangunan komunitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

i-com

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

I-Com: Indonesian Community Journal, merupakan jurnal yang menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat yang bertujuan untuk mempublikasikan berbagai hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan ...