JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika
Vol. 3 No. 02 (2019): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika

Analisa dan Perancangan Web Media Interaktif Untuk Penyandang Tunanetra

Indah Kusuma Dewi (Universitas Ibnu Sina)
Ghea Paulina Suri (Unknown)
Harri Sakti Mulia Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Batam merupakan SLB negeri di Kota Batam, total siswa sebanyak 259 (dua ratus lima puluh sembilan) yang terbagi beberapa penyandang disabilitas (Tuna daksa, Tunanetra, Tuna Rungu, Tuna Autis) dan tunanetra sendiri terdiri dari ada 9 orang siswa, tunanetra juga terbagi lagi kategorinya yaitu (tuna netra murni 3 siswa dan tidak murni 6 siswa). Dalam wawancara penulis kepada wakil kepala sekolah SLB Negeri Batam yaitu Bapak Husnan Marzuqi, S.Pd menyatakan bahwa SLB negeri Batam memiliki keterbatasan dalam mengenalkan pembelajaran bagi siswa khususnya siswa tunanetra dengan media pembelajaran yang ada dianggap perlu ditingkatkan dalam pengenalan pembelajaran seperti informasi- informasi yang mudah difahami antaranya pembelajaran dasar. Tujuan penulis membangun sistem web interaktif yang dapat membantu penyandang tunanetra dalam hal mengenal atau informasi pembelajaran dasar yang ada di SLB Negeri Batam. Dalam perancangannya penulis menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Metode ini memiliki tahapan yang terstruktur dalam pembangunan sistem berbasis multimedia. Peneliti berharap teknologi web interaktif yang dibangun dapat diimplementasikan menjadi media belajar yang baik bagi tunanetra, dan teknologi ini dapat dikembangkan lagi dalam sistem speech voice berbasis android.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JR: Jurnal Responsive Teknik Informatika is a scientific journal that highlights the latest advancements in the field of information technology. This journal provides a platform for researchers, practitioners, and academics to share their latest knowledge and findings regarding programming, software ...