JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika
Vol. 5 No. 01 (2021): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika

Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Anggota Tubuh Manusia Dalam Bahasa Inggris Dan Bahasa Arab Berbasis Web Dan Multimedia Interaktif (Studi Kasus Taman Kanak-Kanak Al-Mi’raj Batam)

Okta Veza (Universitas Ibnu Sina)
Nurlinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Media pembelajaran di Taman Kanak-kanak Al-mi’raj Batam pada saat ini masih menggunakan metode ceramah, dan terfokus pada acuan buku saja. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah Taman Kanak-kanak Al-mi’raj Batam mengatakan bahwa siswa Taman Kanak-kanak cendrung tidak memperhatikan pelajaran dan cepat merasa bosan dengan materi yang di sampaikan oleh guru ataupun dengan buku saja. Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat suatu aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia dan web, yang didalamnya ada materi pembelajaran pengenalan anggota tubuh dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dan ada soal latihan menebak gambar bagian anggota tubuh, Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode MDLC. Bahasa pemrogramannya adalah action script. Sehingga nantinya model penyampaian materi tidak hanya menggunakan metode ceramah, namun juga bisa menggunakan aplikasi media pembelajaran. Aplikasi media pembelajaran ini berbentuk 2D (dua dimensi). Dengan adanya aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia dan web ini diharapkan akan mempermudah guru dan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa lebih ingin memperhatikan pelajaran dan tidak cepat bosan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JR: Jurnal Responsive Teknik Informatika is a scientific journal that highlights the latest advancements in the field of information technology. This journal provides a platform for researchers, practitioners, and academics to share their latest knowledge and findings regarding programming, software ...