Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023): December 2023

Strategi Guru PPKn Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Kelas X melalui Penerapan Metode Ceramah

Haidar Hasan (Universitas Madako Tolitoli)
Afifah Istiqomah (Universitas Madako Tolitoli)
Yolpi Wukungsenggo (Universitas Madako Tolitoli)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2023

Abstract

Dari perspektif guru, pengaruh pembelajaran gaya ceramah rendah karena siswa hanya berfokus pada guru selama proses belajar. Tujuan dari riset ini mengetahui skema pembelajaran PPKn mempengaruhi kemampuan eksplanasi murid di kelas X SMAN 1 Tolitoli dan masalah yang dijumpai tenaga pengajar PPKn untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi murid. Metode riset ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana memakai data primer dengan  mengumpulkan materi dari  observasi, wawancara, dan dokumentasi dan data sekunder diperoleh dari studi kasus dan jurnal terkait. Hasil riset didapatkan bahwa pendekatan pembelajaran guru PPKn yang lemah ditinjau dari sudut pandang yang dapat membantu kemampuan siswa; contohnya, seorang guru mengajari siswanya membuat penjelasan dan simulasi. Semua orang tahu bahwa siswa Kelas X memiliki kemampuan penjelasan yang kurang berkembang selama proses belajar mengajar. Penelitian ini menemukan bahwa guru PPKn menggunakan metode ceramah dan praktik serta alat peraga pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan eksplanasi siswa di kelas X. Guru PPKn menghadapi tantangan dalam meningkatkan kemampuan eksplanasi siswa mereka. Tantangan ini terletak pada soal-soal penunjang dasar yang selama ini belum diperhatikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...