Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023)

Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar

Faslia, Faslia (Unknown)
Aswat, Hijrawatil (Unknown)
Aminu, Nurmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan Model Project-Based Learning (PjBL) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di jenjang Sekolah Dasar terhadap pembentukan karakter Pelajar Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur, merupakan suatu pendekatan yang mendalam dan sistematis untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pelibatan model Project-Based Learning dapat dianggap sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif dalam membentuk karakter Pelajar Pancasila di tingkat Sekolah Dasar. Rekomendasi perbaikan dan pengembangan dapat diarahkan pada optimalisasi implementasi PjBL dan integrasi nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek pembelajaran IPS. Dengan demikian, pendekatan ini dapat terus menjadi pilihan yang relevan dan berkualitas untuk mencapai tujuan pendidikan yang holistik dalam mewujudkan pelajar Pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...