Hasil belajar bahasa Indonesia materi pokok unsur intrinsik cerita pada siswa sekolah dasar kelas V masih rendah. Penelitian ini bertujuan peningkatan hasil belajar siswa pada materi unsur intrinsik cerita melalui pemanfaatan game edukasi wordwall sebagai media evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas yang terdiri pra siklus, siklus pertama dan siklus kedua, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilasanakan di SD Negeri Dolokgede Tambakrejo Bojonegoro pada kelas V tahun pelajaran 2023/2024 dengan subyek 23 siswa. Berdasarkan temuan, dari 23 siswa yang mengikuti tes sebelum memanfaatkan game edukasi wordwall, baru 13 siswa atau 56,52% yang mencapai KKM. Setelah pemanfaatan game edukais wordwall terlihat adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihst dari hasil evaluasi siklus pertama 17 siswa atau 73,91% yang tuntas, dan siklus kedua 22 siswa atau 95,65% yang tuntas. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pemanfaatan game edukasi wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa khusunya materi unsur intrinsik cerita.
Copyrights © 2024