Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024): June

Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa SMP pada Kampus Mengajar Angkatan 5

Rezkiyana Hikmah (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas VIII  SMP Era Pembangunan Umat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa. Tujuan tersebut dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil Prestasi Kompetensi Minimal (AKM) sekolah. Kegiatan kampus mengajar bertujuan untuk membantu sekolah  meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswanya. Sekolah dan universitas bekerja sama untuk mencapai tujuan ini. Penelitian ini menggunakan  metode deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Beberapa program yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan penelitian antara lain program literasi numerasi, relokasi perpustakaan, dan your dream. Pelaksanaan kegiatan program selama kurun waktu sekitar empat bulan pada bulan Maret hingga Juni memberikan dampak perubahan yang lebih baik. Namun perubahan tersebut masih relatif kecil. Peningkatan keterampilan literasi dan numerasi siswa kelas VIII ditunjukkan dari hasil pre-test dan post-test AKM yang diikuti sekitar 18 siswa kelas VIII. Keterampilan literasi meningkat sebesar 7% dan numerasi meningkat sebesar 5%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...