Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas VIII SMP Era Pembangunan Umat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa. Tujuan tersebut dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil Prestasi Kompetensi Minimal (AKM) sekolah. Kegiatan kampus mengajar bertujuan untuk membantu sekolah meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswanya. Sekolah dan universitas bekerja sama untuk mencapai tujuan ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Beberapa program yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan penelitian antara lain program literasi numerasi, relokasi perpustakaan, dan your dream. Pelaksanaan kegiatan program selama kurun waktu sekitar empat bulan pada bulan Maret hingga Juni memberikan dampak perubahan yang lebih baik. Namun perubahan tersebut masih relatif kecil. Peningkatan keterampilan literasi dan numerasi siswa kelas VIII ditunjukkan dari hasil pre-test dan post-test AKM yang diikuti sekitar 18 siswa kelas VIII. Keterampilan literasi meningkat sebesar 7% dan numerasi meningkat sebesar 5%.
Copyrights © 2024