Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024)

Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis di Sekolah Dasar

Asmaniyah, Asmaniyah (Unknown)
El-Yunusi, Muhammad Yusron Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Menguasai kemampuan membaca sangat penting agar siswa dapat belajar dengan lebih mudah di kelas. karena sebaguian besar materi pembelajaran disampaikan melalui teks atau buku bacaan. Pada awal pembelajaran membaca, biasanya diajarkan kepada siswa kelas 1, Tetapi banyak siswa yang menghadapi kesulitan membaca. Oleh karrena itu peran guru sangantlah penting dalam membantu siswa mengatasi kesulitan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan membaca siswa di kelas 1 SD Alami Driyorejo Gresik serta upaya guru untuk mengatasi kesulitan membaca siswa tersebut. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif, dan subjeknya adalah guru dan siswa kelas 1 reguler. Kemampuan membaca siswa SD Alami Driyorejo Kelas 1 Reguler menunjukkan variasi, menurut data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, Ada orang yang bisa membaca dengan lancar, yang lain masih kurang lancar, dan beberapa hanya bisa membaca suku kata atau mengenali huruf. Siswa mengalami kesulitan membaca, seperti merangkai kata dan menemukan diftong seperti "ng" atau "ny." Guru melakuakan upaya dengan fokus pada pembelajaran membaca dan menulis, dimulai dari pengenalan huruf,membaca suku kata, hingga merangkai kata secara bertahap dan detail

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...