Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024): In Progress

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV

Feronika Meyora Sibagariang (Universitas Jambi)
Dinda Rizky Diwanti (Universitas Jambi)
Kemal Amrul Haq (Universitas Jambi)
Aditya Yoga Pratama (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak di terapkannya model pembelajaran yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV. Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar IPAS siswa kelas IV setelah diterapkannya   model  pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari empat fase, yaitu perancangan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam tindakan ini yaitu teknik kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan berpikir kritis peserta didik selama proses tindakan berlangsung. Hasil  penelitian ini  menunjukkan  bahwa, rata-rata yang didapat pada siklus I sebesar 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 86%, serta ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 82,35% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Simpulan penelitian   ini   adalah pada penerapan model   pembelajaran PBLdapat meningkatkan motivasi belajar IPAS siswa Kelas IV. Implikasi penelitian ini dari penerapan model pembelajaran PBL ini mendorong siswa dapat berfikir kreatif, imajinatif, mengenalkan gagasan baru, serta mendorong siswa untuk memperoleh kepercayaan diri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...