Karawitan, sebagai salah satu program ekstrakurikuler di sekolah dasar memiliki nilai-nilai kultural yang mendalam dan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh program ekstrakurikuler karawitan terhadap prestasi akademik siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain one group pretest posttest design dengan melibatkan siswa kelas IV di SDN Rangkah VI/168 Surabaya sebagai populasi penelitian. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya peningkatan prestasi akademik siswa setelah mengikuti program ekstrakurikuler karawitan. Hal ini terindikasi dari hasil uji t paired sampel t-test yang menunjukkan signifikansi statistik antara nilai pretest (semester sebelumnya) dan posttest (semester setelah mengikuti program). Data angket siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap program ekstrakurikuler karawitan. Mereka merasa aktif, menikmati kegiatan tersebut, puas dengan sarana dan prasarana yang tersedia, tidak terganggu dalam aktivitas belajar, termotivasi untuk berpartisipasi, merasa memiliki pemahaman dan wawasan yang lebih luas, serta melihat adanya pengaruh positif terhadap prestasi belajar mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan dan pelaksanaan program ekstrakurikuler karawitan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman belajar siswa di sekolah dasar
Copyrights © 2024