SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah
Vol. 1 No. 3 (2022): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, November 2022

SISTEM CERDAS UNTUK PENENTUAN POHON KEPUTUSAN BAKAT DAN MINAT ANAK MENGGUNAKAN ALGORITMA CLASSIFCATION AND REGRESSION TREE (CART)

Zulkifli Zulkifli (Universitas Satya Negara Indonesia)
Berlin Sitorus (Universitas Satya Negara Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Penelitian melakukan kemudahan bagi orang tua untuk mendeteksi secara dini dalam mengetahui minat dan bakat anak. Secara konvensional telah dilakukan tetapi sulit untuk megetahui secara efektif dan akurat, oleh sebab itu peneliti mencoba untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan minat, dan bakat anak menggunakan Pohon Keputusan dengan Algoritma Classifcation and Regression Tree (CART). Parameter untuk penentuan minat dan bakat anak digunakan enam jenis bakat anak menurut standar America US Office Of Education (USOE), yaitu; Intelektual umum (B1); Akademik khusus (B2); Berfikir kreatif-produktif (B3); Kemampuan memimpin (B4); Bidang seni dan pertunjukkan (B5); Kemampuan Psikomotor (B6). Dari data–data yang ada diperoleh dan dianalisa serta dilakukan perhitungan sehingga menghasilkan pohon keputusan untuk menentukan minat dan bakat anak yang berguna untuk pihak yang membutuhkan, terutama bagi orang tua. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa sistem cerdas yang prosesnya dari analisa minat dan bakat anak dengan pohon keputusan dan produk sistem cerdas yang menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall serta rancangan UML dan Entity Relations Diagram (ERD) dan Grafical User Interface (GUI). Berdasarkan hasil pengujian dan Quisioner merupakan sistem yang 90 % sudah dapat digunakan dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sentri

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah is a peer-review journal that could be access to the public, provides a platform for researchers, academics, professionals, practitioners and students to embed and share knowledge in the form of empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews ...