SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah
Vol. 2 No. 3 (2023): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, Maret 2023

PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Desa Dukun,Kecamatan Dukun,Kabupaten Magelang)

Tiara Kasih Aprillasari (Universitas Tidar)
Suci Nasehati Sunaningsih (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2023

Abstract

Hadirnya pandemi Covid-19 membawa perubahan di Indonesia dan beberapa sektor global. Di Indonesia sektor perekonomian mengalami perubahan yang signifikan. Desa sebagai salah satu harapan pemerintah dalam menjuang kenaikan perekonomian Indonesia juga mengalami kendala akibat adanya pandemi ini. Perubahan prioritas penggunaan dana desa di Indonesia menjadi satu diantara cara pemerintah untuk membantu masyarakat ketika menghadapi Covid-19. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui prioritas penggunaan dana desa sebelum dan saat terjadinya pandemi Covid-19. Peneliti menggunakan objek di Desa Dukun,Kecamatan Dukun,Kabupaten Magelang pada penelitiannya. Metode yang diterapkan yaitu metode kualitatif dengan data sekunder dan primer. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 prioritas penggunaan Dana Desa di Desa Dukun mengalami perubahan yang signifikan.Tahun 2019 sebelum covid-19 penggunaan dana desa untuk difokuskan untuk pembangunan, pemeliharaan,pengadaan infrastruktur desa serta pemberdayaan masyarakat.Sedangkan setelah munculnya Covid-19 digunakan untuk penanganan Covid-19 pada tahun 2020 dan 2021. Tahun 2020 sebesar Rp340.800.000,00 yaitu 30% dari total dana desa dalokasikan untuk penyaluran BLTDana Desa dan tahun 2021 sebesar ,00 maksimal alokasi untuk penyaluran BLT Dana Desa Dukun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sentri

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah is a peer-review journal that could be access to the public, provides a platform for researchers, academics, professionals, practitioners and students to embed and share knowledge in the form of empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews ...