Peran nilai-nilai spiritual dalam meningkatkan semangat belajar siswa, hendaknya menjadi kesadaran siswa dalam mengamalkan setiap pembelajaran yang diberikan dari sekolah. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan, mengidentifikasi, dan menganalisis kontribusi spiritualitas dalam meningkatkan etos belajar siswa SDN Menteng Atas 14 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek-aspek spiritualitas berkontribusi dalam meningkatkan etos belajar siswa baik aspek terbuka, empati/peduli, objektif, tanggung jawab, komitmen tinggi, dan mandiri. Adapun kontribusi spiritualitas yang paling dominan dalam meningkatkan etos belajar siswa adalah aspek tanggung jawab. Hal itu dapat dilihat dari usaha siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh orang tua maupun guru dengan cepat dan tuntas, juga dengan hati yang ikhlas, tanpa ada paksaan dari pihak manapun.
Copyrights © 2023