JURNAL ECONOMINA
Vol. 2 No. 2 (2023): JURNAL ECONOMINA, Februari 2023

PENGARUH AKUNTANSI FORENSIK KEMAMPUAN DAN PENGENDALIAN INTERNAL AUDIT INVESTIGASI TERHADAP PENGUNGKAPAN FRAUD (Studi pada Kantor BPKP Makassar)

Ziah, Sifa Ulfa (Unknown)
Kuntadi, Cris (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Skandal akuntansi merupakan gambaran nyata maraknya terjadinya kecurangan akuntansi atau Fraud di dunia global. Bahkan sangat sulit dideteksi oleh proses pemeriksaan keuangan biasa dan sampai sekarang pun masih belum ada solusi penyelesaiannya. Kebangkrutan Enron Corporation, Lehman Brothers cs, limbungnya Citigroup terasa seperti Dejavu Black Tuesday tahun 1929. Indonesia pun tak luput dari kasus serupa. Mulai dari kasus Bank Century, PT. Ades Alfindo, serta PT. Indofarma. Akuntansi Forensik merupakan jawaban atas tantangan tersebut. Sifat “Problem-Based” dari disiplin ilmu akuntansi forensik diharapkan dapat menjadi solusi masalah-masalah kecurangan serta mencegah terjadinya fraud yang merugikan banyak pihak tersebut. Akuntansi forensik adalah penggunaan keahlian akuntansi yang dipadukan dengan kemampuan investigatif untuk memecahkan suatu masalah/sengketa keuangan atau dugaan fraud. Artikel ini mengulas tentang Pengaruh Akuntansi Forensik Kemampuan dan Pengendalian Internal Auditor Investigasi Terhadap Fraud. Tujuan penulisan ini adalah untuk menetapkan hipotesis pengaruh antar variabel untuk penelitian selanjutnya. Hasil dari artikel tinjauan pustaka ini adalah: 1)Akuntansi Forensik berpengaruh terhadap pengungkapan fraud, 2) Kemampuan dan Pengendalian internal berpengaruh terhadap pengungkapan fraud, 3) Audit Investigasi berpengaruh terhadap pengungkapan fraud.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economina (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers with areas of research include, but are not limited to Global Business, Transition Issues, Economic Growth and Development, Economics of Organizations and Industries, Finance and Investment, Strategic ...