JURNAL ECONOMINA
Vol. 2 No. 7 (2023): JURNAL ECONOMINA, Juli 2023

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi pada Samsat Konawe)

Ringan, Angelina Yenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: 1) Kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe, 2) Kualitas pelayanan terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe dan 3) Kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe. Penelitian ini dilaksanakan pada Samsat Konawe, Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak pada Samsat Konawe. Populasi penelitian ini adalah seluruh wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Samsat Konawe pada tahun 2020 sebanyak 89.835 orang. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe, 2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe dan 3) Kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Konawe.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economina (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers with areas of research include, but are not limited to Global Business, Transition Issues, Economic Growth and Development, Economics of Organizations and Industries, Finance and Investment, Strategic ...