JURNAL ECONOMINA
Vol. 2 No. 9 (2023): JURNAL ECONOMINA, September 2023

PERAN CITRA MEREK KUALITAS PRODUK DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU PVN SHOES (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Julietha Lindasari Fortuna Natalia (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Andrian Andrian (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2023

Abstract

Penelitian yang di lakukan ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial dari variabel bebas yaitu Citra Merek,Kualitas Produk dan Diskon, variabel terikat Keputusan Pembelian. Dalam penelitian yang di lakukan peneliti pada panelitian ini adalah metode Kuantitatif dimana perhitungan nya menggunakan purposive sampling dengan rumus hair. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen pvn Shoes di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dengan sampel 95 responden. Berdasrkan hasil penelitian dalam uji parsial (T) variabel Citra Merek memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 2,083 > 1,985 (t tabel) dengan signifikansi 0,003 < 0,05. Variabel kualitas produk berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung  4,292 >1,985 (t-tabel) dengan signifikansi 0,000< 0,05. Variabel diskon berpengaruh positif secara parsial dengan nilai t-hitung 3,367 > 1,985 (t-tabel) dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Selanjutnya dalam uji simultan (F) variabel Citra Merek,Kualitas Produk dan Diskon secara simultan berpengaruh positif terhadap variabel  Keputusan pembelian dengan  nilai (f-hitung) sebesar 65,973 > 2,70 (f tabel) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian uji determinasi (R2) dihasilkan bahwa korelasi antara tiga variabel Citra Merek (X1), Kualitas Produk (X2), Diskon (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 67,2%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economina (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers with areas of research include, but are not limited to Global Business, Transition Issues, Economic Growth and Development, Economics of Organizations and Industries, Finance and Investment, Strategic ...