JURNAL ECONOMINA
Vol. 2 No. 9 (2023): JURNAL ECONOMINA, September 2023

ANALISIS MEDIA SOSIAL DALAM MENENTUKAN POSISI PRODUK SKIN CARE MENGGUNAKAN MODEL ONLINE SHARE OF VOICE (OSOV)

Windasari, Shindy (Unknown)
Untari, Dhian Tyas (Unknown)
Komariah, Neng Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

aat ini produk skin care banyak dibicarakan di media sosial, hal tersebut disebabkan oleh pribadi konsumen khususnya wanita sering mencari tahu mengenai produk skin care melalui media sosial. Terdapat tiga brand produk skin care yang memiliki ulasan terbanyak di media sosial yaitu Garnier, Pond’s, dan Wardah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi produk skin care yang sering dibicarakan di media sosial. Dengan pengambilan data yang diperoleh melalui Awario dan Social Buzz. Metode analisis yang digunakan yaitu matematis dengan menggunakan model Online Share of Voice (OSOV). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk skin care Garnier adalah produk yang menempati posisi pertama dan sering dibicarakan di media sosial dengan perolehan hasil 42% melibatkan hasil positif dan negatif dengan skor bernilai 2.08. Posisi kedua ditempati oleh skin care Pond’s dengan hasil 30% melibatkan hasil positif dan negatif dengan skor bernilai 1.08. Kemudian posisi ketiga ditempati oleh skin care Wardah dengan hasil 28% melibatkan hasil positif dan negatif dengan skor bernilai 0.99.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economina (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers with areas of research include, but are not limited to Global Business, Transition Issues, Economic Growth and Development, Economics of Organizations and Industries, Finance and Investment, Strategic ...