JURNAL ECONOMINA
Vol. 3 No. 2 (2024): JURNAL ECONOMINA, Februari 2024

Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman (Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Ziah, Sifa Ulfa (Unknown)
Istianingsih, Istianingsih (Unknown)
Mukti, Aloysius Harry (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, dan Rasio Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis dan sumber data yaitu data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2019 – 2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dan menghasilkan sebanyak 104 sampel data yang diolah yang telah memenuhi kriteria. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi dengan regresi linear berganda, serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Solvabilitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economina (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers with areas of research include, but are not limited to Global Business, Transition Issues, Economic Growth and Development, Economics of Organizations and Industries, Finance and Investment, Strategic ...