Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Vol. 1 No. 1 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

FENOMENA KEKALAHAN KEPALA DESA INCUMBENT : (Studi Terhadap Impresi Politik Warga Terhadap Incumbent Kepala Desa Di Desa Puding Besar dan Desa Kemuja Kabupaten Bangka)

Mega Warnia (Universitas Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2024

Abstract

Studi dalam penelitian ini membahas mengenai impresi politik warga terhadap kekalahan Kepala Desa incumbent Di Desa Puding Besar dan Desa Kemuja. Serta dampak dari impresi politik terhadap keputusan politik warga Desa Puding Besar dan Desa Kemuja. Pada tahun 2021 Kabupaten Bangka mengikuti pemilihan kepala desa serentak yang diikuti oleh 44 desa dan 182 calon Kepala Desa. Dimana pemilihan kepala desa merupakan salah satu momentum transisi kekuasaan dan ini menjadi penting. Bagaimana desa menjalankan praktek demokrasi sekaligus demokrasi di tingkat lokal. Dalam pemilihan tersebut maraknya calon petahan atau incumbent yang ikut serta dalam pemilihan tersebut. Namun, incumbent Kepala Desa tersebut ada yang menang dan ada yang kalah. Maka kekalahan adalah Sesuatu hal yang perlu dikaji. Di mana incumbent di nilai sudah memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan lawannya yakni memiliki kinerja dan pengalaman memimpin di periode sebelumnya dan sudah memiliki kedekatan dan mampu menggerakkan tokoh informal dan formal di desanya. Incumbent yang mengalami kekalahan tersebut adalah Desa Puding Besar dan Desa Kemuja ketika memasuki pemilihan kepala desa periode ke tiga. Maka dari itu, penelitian ini perlu untuk dikaji. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis impresi politik warga terhadap kekalahan Kepala Desa incumbent Desa Puding Besar dan Desa Kemuja dan dampak dari impresi politik warga terhadap keputusan politik warga Desa Puding Besar dan Desa Kemuja menggunakan lima syarat pokok public relations dari Frank Jefkins. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi dalam menganalisis fenomena. Hasil dari penelitian ini yaitu kekalahan Kepala Desa incumbent di Desa Puding Besar dan Desa Kemuja terdapat beberapa faktor orang tidak memilih incumbent Kepala Desa dimana masayarakat masih memandang bahwa sosok incumbent Kepala Desa kurang sebagai sosok pemimpin. Selain Kepala Desa incumbent Desa Puding Besar dan Desa Kemuja merupakan pemimpin yang jujur dan amanah, serta pemimpin yang memiliki kapasitas yakni memiliki kinerja dan pengalaman memimpin di periode sebelumnya sehingga lebih dikenal oleh masyarakat tanpa harus kampanye. Namun, perlu adanya beberapa hal yang harus dikuasai oleh seorang pemimpin yaitu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, kemampuan mengorganisasikan, kemampuan untuk membangun relasi publik dan memperluas jaringan, serta memiliki kemampuan berpikir kreatif dan wawasan yang luas. Sehingga dapat menimbulkan rasa percaya dari masyarakat setempat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

retorika

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Meneliti dan Menulis (Kolibi). Jurnal nasional ini bertujuan untuk mendiseminasikan penelitian ilmu komunikasi di berbagai bidang antara lain Komunikasi Politik, Komunikasi Bisnis, ...