Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Vol. 1 No. 2 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

STUDI LITERATUR : PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI POLITIK GEN Z (ZOOMERS)

Nazah Dwi Putricia (Universitas Negeri Surabaya)
Afifah Intan Febriyanti (Universitas Negeri Surabaya)
Nasywa Dellia Puteri (Universitas Negeri Surabaya)
Alif Rohmatus Syukriya (Universitas Negeri SurabayaAlif Rohmatus Syukriya)
Ari Metalin Ika Puspita (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
19 May 2024

Abstract

Media sosial dalam partisipasi politik seperti pemilu presiden, pemilu legislative dan pemilihan umum ketua organisasi dapat memberikan pengaruh yang cukup besar. Hal tersebut dikarenakan adanya generasi Z sebagai pengguna media sosial, yang menjadikan generasi tersebut sebagai salah satu generasi yang berpartisipasi aktif dalam partisipasi politik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran dan menganalisis lebih mendalam mengenai pengaruh media sosial terhadap partisipasi generasi Z dalam dunia politik. Melalui metode literature review, yaitu metode yang meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Salah satu pengaruh dari media sosial terhadap partisipasi politik yaitu dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut disebabkan karena generasi Z merupakan kelompok generasi kerja terbaru yang memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Dengan adanya partisipasi aktif dari generasi Z, maka dapat mengubah arah politik serta dapat memilih pemimpin yang mewakili nilai dan kepentingan dari generasi Z.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

retorika

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Meneliti dan Menulis (Kolibi). Jurnal nasional ini bertujuan untuk mendiseminasikan penelitian ilmu komunikasi di berbagai bidang antara lain Komunikasi Politik, Komunikasi Bisnis, ...