Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 6 No 2 (2023): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 12 IPS di SMAN 1 PAMARAYAN

Deandra Khoiro Madini (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Rika Suryani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Amelia Yulianti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sri Tika Mulyani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ami Samsiah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Haryono Haryono (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran menghasilkan kreativitas yang rendah terhadap keterampilan berpikir peserta didik. Pendidikan yang efisien ialah pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan berlatih siswa. Sehingga mampu menerima materi dengan sangat baik. Pengajaran model pembelajaran berbasis masalah dan menggunakan aplikasi Quizizz dapat dipilih dalam peningkatan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan nilai peserta didik. Tujuan pengkajian ini untuk mengetahui metodel pembelajaran Problem Based Learning dan media pembelajaran melalui aplikasi Quizizz dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, meningkatkan hasil belajar dari kualitas belajar dan semangat belajar atau antusias belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan melalui pemantauan secara langsung dan wawancara kepada seluruh siswa kelas XII IPS 4. Penilaian dari antusias dan hasil tes kuis online serta hasil wawancara terhadap pengaruh inovasi pembelajaran yang telah diterapkan di dalam kelas. Penerapan dalam menggunakan model dan media belajar ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang dapat terlihat dari antusias belajar, semangat belajar, dan dapat berpikir kritis dan kreatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...