Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

Pola Pendekatan Media Sosial dan Dampaknya terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Nursapia Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Aisya Azzahra (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Tanya Chynta Wulandari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Daffa Faisal Afdala (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Hafiz Raisya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Reza Pahlevi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pendekatan media sosial dan dampaknya terhadap perilaku sosial mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2022 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan survei melalui google formulir kepada 50 responden mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata tanggapan mahasiswa terhadap dampak media sosial pada perilaku mereka adalah (54,65%), yang dikategorikan tidak baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa media sosial tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku sosial mahasiswa. Namun, data lain mengungkapkan bahwa (56%) mahasiswa lebih sering menggunakan media sosial dalam satu hari, dengan Whatsapp (36%) dan Instagram (34%) sebagai platform yang paling sering digunakan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pola pendekatan media sosial dan dampaknya terhadap perilaku sosial mahasiswa, serta preferensi mereka dalam menggunakan berbagai platform media sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

retorika

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Meneliti dan Menulis (Kolibi). Jurnal nasional ini bertujuan untuk mendiseminasikan penelitian ilmu komunikasi di berbagai bidang antara lain Komunikasi Politik, Komunikasi Bisnis, ...