Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA

Tifani Alzahra (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Imelda Febianti Br Surbakti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Caya Aulia Br Ginting (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Icha Listya Sitepu (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Wulan Sari Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nursapiah Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Era digital dalam dua dekade terakhir telah membawa perubahan yang cepat dalam perkembangan komunikasi di dunia dan Indonesia. Penyimpangan dalam penggunaan media sosial akan berdampak pada terganggunya fungsi dari interaksi sosial di dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, Tiktok, dan Instagram mempengaruhi perilaku interaksi sosial mahasiswa, serta bagaimana penggunaan media sosial mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap interaksi sosial. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Responden yang menjadi subjek penelitian disini adalah mahasiswa dan mahasiswi stambuk 2020-2023 yang menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari harinya. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skala likert. Instrumen pengum pulan data menggunakan lembar angket persepsi mahasiswa serta data dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian terhadap mahasiswa dan mahasiswi yang diperoleh skor rata-rata dari 31 responden dengan 16 pertanyaan adalah 44,38 kategori tidak baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

retorika

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Meneliti dan Menulis (Kolibi). Jurnal nasional ini bertujuan untuk mendiseminasikan penelitian ilmu komunikasi di berbagai bidang antara lain Komunikasi Politik, Komunikasi Bisnis, ...