Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Vol. 1 No. 4 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

ANALISIS JURNALISME INVESTIGASI MISTERI KASUS PEMBUNUHAN (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE PADA FILM DOKUMENTER ICE COLD: MURDER, COFFEE AND JESSICA WONGSO)

Nabilatul Dzakiyyah (Universitas Islam Negeri Jakarta)
Jesika Anjarwati Putri (Universitas Islam Negeri Jakarta)
Kevin Alfinnur (Universitas Islam Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana jurnalisme investigasi diterapkan dalam film dokumenter "Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso" melalui pendekatan semiotika. Studi ini mengeksplorasi penggunaan simbol-simbol, tanda-tanda, dan kode dalam menyampaikan pesan investigatif kepada audiens. Dengan menggunakan teori semiotika John Fiske, penelitian ini menguraikan tiga level analisis: realitas, representasi, dan ideologi. Level realitas melibatkan identifikasi elemen visual dan audio yang berhubungan dengan kasus pembunuhan, seperti adegan, lokasi, kostum, dan dialog. Level representasi menganalisis struktur naratif, teknik sinematik, dan karakterisasi tokoh-tokoh. Level ideologi mengidentifikasi pesan-pesan ideologis yang disampaikan dan konteks sosial budaya yang tercermin dalam film. Dokumenter ini mengisahkan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin oleh Jessica Wongso, yang menarik perhatian luas dan menimbulkan kontroversi di media. Melalui analisis semiotika, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana elemen-elemen jurnalisme investigasi dan semiotika diterapkan dalam film dokumenter, serta bagaimana film tersebut mempengaruhi persepsi publik tentang kasus yang diangkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

retorika

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Meneliti dan Menulis (Kolibi). Jurnal nasional ini bertujuan untuk mendiseminasikan penelitian ilmu komunikasi di berbagai bidang antara lain Komunikasi Politik, Komunikasi Bisnis, ...