Seroja Husada: Jurnal Kesehatan Masyarakat
Vol. 1 No. 4 (2024): Seroja Husada: Jurnal Kesehatan Masyarakat

MODEL PREDIKSI USIA HARAPAN HIDUP BERDASARKAN FRAKSI EJEKSI VENTRIKEL KIRI: (Studi Potong Lintang Pasien Penyakit Jantung Koroner RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang Periode 01 Januari 2012 – 30 Juni 2016)

Ardiansyah, Rahman (Unknown)
Aulia, Muhammad Hadley (Unknown)
Tjekyan, RM. Suryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan korelasi antara fraksi ejeksi ventrikel kiri dan angka harapan hidup serta mendapatkan model prediksi angka harapan hidup berdasarkan fraksi ejeksi ventrikel kiri pada pasien penyakit jantung koroner di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang dari tanggal 1 Januari 2012 sampai dengan tanggal 30 Juni 2016. Berdasarkan penelitian dengan metode Cross Sectional yang dilakukan di RSUD Dr. Mohammad Hoesin Palembang tahun 2012-30 Juni 2016, dapat disimpulkan: Dari 87 pasien penyakit jantung koroner, rata-rata FEVK sampel adalah 45,32%, FEVK terendah adalah 13,8%, dan FEVK tertinggi adalah 77,00%. Dari 87 pasien penyakit jantung koroner, rata-rata angka harapan hidup sampel adalah 4,310tahun,angka harapan hidup terendah adalah 1tahun, dan angka harapan hidup tertinggi adalah 9 tahun. Ada korelasi yang bermakna antara Fraksi Ejeksi Ventrikel Kiri dan Angka Harapan Hidup pada pasien penyakit jantung koroner (p=0,000). Nilai koefisien korelasi didapatkan r= 0,780 yang berarti kekuatan korelasi yang kuat anatar kedua variabel, dan nilai positif menunjukan adanya hubungan searah. Sehingga, semakin tinggi nilai FEVK pasien penyakit jantung koroner, maka semakin tinggi juga angka harapan hidup pasien. Model perediksi angka harapan hidup berdasarkan fraksi ejeksi ventrikel kiriyaitu ; Angka harapan hidup = -0,159 + 0,099 (FEVK).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

husada

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Seroja Husada: Jurnal Kesehatan Masyarakat adalah jurnal peer-review, multidisiplin dan ilmiah yang menerbitkan artikel ilmiah yang relevan dengan masalah kesehatan nasional, bidang Kedokteran Dasar; Kedokteran Klinis; Kedokteran Molekuler; Kedokteran Forensik; Kesehatan Psikologis; Pendidikan ...