Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 1 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin

Komodifikasi Tubuh Perempuan dalam Iklan Axe: Representasi dalam Dunia Iklan

Diah Titi Nawang Yudi (Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pascasarjana UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)
Umi Halwati (Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pascasarjana UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Iklan dijadikan sebagai sebuah informasi yang sangat dibutuhkan bagi khalayak untuk mengetahui produk atau jasa apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan dalam keseharian semua manusia. Hal ini membuat para agen periklanan berusaha keras untuk membuat jenis iklan yang berbeda dari iklan yang lain, namun bisa dengan mudah mendapat perhatian dari khalayak. Oleh sebab itu iklan muncul dengan beragam konsep untuk memperoleh daya pikat bagi konsumen. Simbol-simbol dalam iklan juga disajikan melalui figur seorang perempuan sebagai model dalam iklan. Daya tarik fisik dan kecantikan figure model yang dimunculkan oleh pengiklan sangat dipercaya dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk/jasa tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Iklan ini jelas menimbulkan citra pigura dan citra peraduan pada perempuan. Citra pigura adalah citra yang menempatkan fisik perempuan sebagai sosok yang cantik, berambut panjang, lembut, dan berbagai sifat feminin lainnya dan Citra pergaulan adalah citra yang menampilkan perempuan sebagai sosok yang cantik, menarik dan anggun sehingga pantas sebagai sosok yang pantas dihormati dalam pergaulan. Citra pigura terlihat dari kecantikan wajah, kemolekan tubuh, dan tampilan fisik yang menarik. Sementara, citra peraduan terlihat dari bahasa tubuh yang sensual dengan busana yang umumnya ketat dan terbuka. Visualisasi iklan Axe ini merupakan bagian dari rangkaian positioning product (posisi produk), yaitu komunikasi pemasaran, pemilihan strategi kreatif dan media, visualisasi iklan Axe termasuk pertimbangan dipresentasikannya peran dominan perempuan dalam tayangannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

global

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal publishes scientific articles based on field research and programs in the multidiscipline area, which can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in various research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was ...