JURNAL PHARMASCIENCE
Vol 1, No 2 (2014): JURNAL PHARMASCIENCE

Pengaruh Edukasi Penggunaan OAINS Sebagai Terapi Dismenore Primer Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Siswi SMA Negeri Ngaglik Sleman

Febrianti, Yosi (Unknown)
Ningrum, Vitarani Dwi Ananda (Unknown)
Maulana, Ishar (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2015

Abstract

Abstrak            Dismenore primer adalah menstruasi yang disertai dengan rasa nyeri. OAINS merupakan terapi farmakologi untuk menangani dismenore primer. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi penggunaan OAINS sebagai terapi pencegahan terhadap penurunan intensitas nyeri dan mengetahui pengaruh faktor pengganggu berupa kecemasan, dukungan keluarga, dan keletihan terhadap intensitas nyeri pada dismenore primer. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu yang bersifat non randomized control goup pretest postest design yang dilaksanakan pada bulan September sampai November 2013. Data diperoleh dari pengisian kuesioner dan wawancara langsung dengan responden. Metode edukasi yang diberikan dengan lisan dan tulisan selama 15 menit. Penilaian skor intensitas nyeri menggunakan Numeric Rating Scale (NRS). Sebanyak 72 siswi yang bersedia mengikuti penelitian yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu siswi SMA Negeri 1 sebagai kelompok kontrol dan SMA Negeri 2 sebagai kelompok perlakuan. Hasil uji Chi Square menunjukan bahwa ada pengaruh edukasi terhadap penurunan intensitas nyeri. Faktor pengganggu yang memiliki hubungan signifikan terhadap peningkatan intensitas nyeri adalah kecemasan sedangkan dukungan keluarga dan keletihan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap peningkatan intensitas nyeri.Kata kunci: Dismenorea primer, Edukasi, Numeric Rating Scale (NRS) AbstractPrimary dysmenorrhea is menstrual periods accompanied by pain. NSAIDs are pharmacological therapy to deal with primary dysmenorrhea. The purpose of this study is to determine the effect of the education on the use of NSAIDs as a preventive therapy to decrease pain intensity and determine the effect of confounding factors such as anxiety, family support, and fatigue to pain intensity in primary dysmenorrhea. This study used a quasi-experimental design that are non- randomized control goup pretest posttest design conducted in September through November 2013. Data were obtained from questionnaires and interviews with the respondents. Educational methods were given by written and spoken for 15 minutes. Assessment of pain intensity scores use the Numeric Rating Scale ( NRS ). A total of 72 students who are willing to follow the study were divided into 2 groups: SMA Negeri 1 as a control group and SMAN 2 as the treatment group. Chi Square test results showed that there was the influence of education on the reduction of pain intensity. Confounding factors that have a significant relationship with the increase in the intensity of pain is anxiety and fatigue while family support did not have a significant relationship with pain intensity.Keywords: Primary Dysmenorrhea, Education,  and Numeric Rating Scale (NRS).

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPS

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Jurnal Pharmascience memuat naskah hasil penelitian dan artikel review bidang kefarmasian. Naskah dapat berasal dari mahasiswa, dosen, peneliti, dan lembaga riset. Setiap naskah yang diterima redaksi Jurnal Pharmascience akan ditelaah oleh Mitra Bebestari dan Anggota Redaksi. Jurnal Pharmascience ...