Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 2 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin

Stimulasi Melatih Perkembangan Bahasa Anak melalui Metode Bercerita

Vika Ikhtiarani (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Rinzani Amalyani (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Ely Nuzuly Ramadhanty (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Fidrayani Fidrayani (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Melalui cerita, anak-anak dapat belajar mengkomunikasikan diri dengan lebih baik, mengembangkan keterampilan kognitif dan sosial, serta menstimulasi imajinasi mereka. Oleh karena itu, implementasi metode bercerita harus diutamakan sebagai sarana pembelajaran dalam pendidikan anak sejak usia dini dan harus dioptimalkan untuk memastikan perkembangan bahasa anak yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber tertulis yang relevan, seperti buku, artikel, dan jurnal. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi keterkaitan antara penggunaan metode bercerita dengan peningkatan kemampuan berbahasa anak usia dini. Berdasarkan hasil studi, disimpulkan bahwa metode bercerita memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mendengarkan, berbicara, dan memahami bahasa. Bercerita juga memberi anak kesempatan untuk mengasah penggunaan bahasa dalam situasi yang memiliki makna, mendukung perkembangan kognitif dan sosial anak-anak. Oleh karena itu, penggunaan cerita sebagai alat pembelajaran dalam PAUD harus diutamakan dan dioptimalkan. Kerjasama antara guru dan orang tua menjadi sangat penting untuk membangun fondasi yang kuat untuk kemajuan bahasa anak. Dengan memberikan stimulasi bahasa yang tepat, baik melalui cerita, pembicaraan, atau kegiatan lainnya, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan bahasa mereka secara lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

global

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal publishes scientific articles based on field research and programs in the multidiscipline area, which can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in various research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was ...