Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran poster berbasis karakter toleransi pada pembelajaran PKN kelas V SD Negeri 41 Lubuklinggau yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Penelitian dan Pengembangan) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 41 Lubuklinggau berjumlah 21 orang terdiri dari 15 laki-laki dan 6 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini angket dan tes tertulis berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validasi (ahli bahasa, ahli media, ahli materi) yaitu 0,91 dengan kategori valid. Hasil analisis kepraktisan (siswa dan guru) 88,49% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis keefektifan N-Gain Score yaitu 0,60 dengan kategori sedang. Rata-rata indikator karakter toleransi yaitu 79% dengan predikat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka pengembangan media poster berbasis karakter toleransi valid, praktis, dan cukup efektif untuk digunakan pada pembelajaran PKN kelas V Sekolah Dasar.
Copyrights © 2024