Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (2)

Pengembangan Media Poster Materi Keragaman Agama di Indonesia Berbasis Karakter Toleransi di Sekolah Dasar

Novchella Safitri (Universitas PGRI Silampari)
Donni Pestalozi (Universitas PGRI Silampari)
Andri Valen (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran poster berbasis karakter toleransi pada pembelajaran PKN kelas V SD Negeri 41 Lubuklinggau yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Penelitian dan Pengembangan) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 41 Lubuklinggau berjumlah 21 orang terdiri dari 15 laki-laki dan 6 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini angket dan tes tertulis berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validasi (ahli bahasa, ahli media, ahli materi) yaitu 0,91 dengan kategori valid. Hasil analisis kepraktisan (siswa dan guru) 88,49% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis keefektifan N-Gain Score yaitu 0,60 dengan kategori sedang. Rata-rata indikator karakter toleransi yaitu 79% dengan predikat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka pengembangan media poster berbasis karakter toleransi valid, praktis, dan cukup efektif untuk digunakan pada pembelajaran PKN kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...