Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 6 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS III SDN 18 BALAESANG TANJUNG MEMBACA NYARING MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING

Rauf, Abdul (Unknown)
Karim, Ali (Unknown)
Santosa, Pratama Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN 18 Balaesang Tanjung membaca nyaring melalui metode latihan terbimbing?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN 18 Balaesang Tanjung membaca nyaring melalui metode latihan terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 18 Balaesang Tanjung tahun pelajaran 2015/2016.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 18 Balaesang Tanjung yang berjumlah 25 orang siswa, 14 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan materi pelajaran yang diajarkan adalah membaca nyaring. Hasil observasi kegiatan siswa dalam pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai persentase keberhasilan cukup, pada siklus II sudah memperoleh nilai persentase keberhasilan baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I memperoleh nilai 32%. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus II memperoleh nilai 96%, terdapat peningkatan sebesar 64% dari Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian dengan persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 80% dan proses pembelajaran diperoleh dari hasil observasi kegiatan siswa dalam pembelajaran berdasarkan lembar observasi minimal rata-rata dalam kategori baik, sehingga penggunaan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa SDN 18 Balaesang Tanjung. Kata Kunci: Peningkatan; Kemampuan; Membaca Nyaring; Latihan Terbimbing

Copyrights © 2018